January 11, 2014

30 HARI MENJADI BOLANG

How are you, World!

Ceile sapaannya udah Australian banget boo.. Hahaha.
Ngomong2 soal sapaan, di sekolah kita biasa diajarin sama guru kalo disapa, “How are you?” pasti kita didoktrin jawab, “I’m fine. How are you?”. But di sini (Oz) guys, aye saranin jangan pake jawaban itu kalo ngga mau dianggep sebagai alien bermata 2, gigi tonggos, rambut Mohawk, kepala gede tapi kaki singset.




>>>>>>>>>
Loe lagi ngomongin guweh?!?
Oh ngga kok, yang diomongin kan yg rambutnya Mohawk bukan yang model kibas badai bin alay ala Kangen Band. #HyakDes!




Berasa sudah 1 bulan Coemi terdampar unyu di negeri tetangga kutub selatan ini. Kenapa berasa? Karena Coemi udah menjelajah banyak tempat  dan adventure banyak hal! *singing si bocah petualangan*.
Are you ready to consume my silly story, guys?!??? *sebar abab*



WEATHER
Berawal dari bandara, di saat akhirnya Coemi menemukan kopernya (blitz story: dengan muka panik gara-gara koper Coemi ngga ada di bagian baggage claim, Coemi nanya sama petugas bandara. “I can’t find my bag!” “How does your bag look like?” “It’s big polo, brown color!” “Don’t worry, I think I know where your bag is. Is that your bag?” “Oh ya that’s right! Thank you so much” langsung berpelukan sama koper. Lagian itu koper guweh napa disendiriin ditaro dipojokan seh, sapa yang bakal liat -_-“), ok back to the main story. Jadi setelah terjadi tragedi koper, Coemi disambut ceria sama tante yang udah nunggu di depan bandara. So sorry for taking a long time, tante. Ahihihi.

Nah ini nih kesan pertama Coemi waktu keluar bandara. Mulut masih nyerocos cerita tragedi koper sama
tante, tiba-tiba begitu pintu keluar bandara kebuka.. WUZZZZZZZZ!!!!!!!! Coemi langsung kesetrum angin kutubbbb!!!!
“Tante!!!! Ini kenapa dingin beginiihhh?!?”
“Haha dingin ya, iya ini cuaca hari ini lagi dingin banget”
Sumpah mas brow n mbak sist sekalian, Coemi cuma bisa berdiri mengkeret diem di tepi jalan selagi nunggu si om datang. Serasa ditaroh di freezer, itulah kesan Coemi pertama kali mendaratkan kaki unyu di Melbourne.

Ngomong-ngomong soal cuaca, Coemi sempat dikasi tau kalo cuaca di Melbourne ini sering galau alias ngga tentu or ngga stabil dibanding daerah lain di Australia. Orang sering pake julukan “4 seasons in a day”. Artinya, bisa tuh pagi dinginnnnn banget, begitu siang puanas puolll. Atau fenomena lain, langit cerah di pagi hari tapi siangnya langung ujan. Pernah sekali Coemi pengen keluar gara-gara langit keliatan cerah sumringah gemilang, tapi begitu keluar pintu rumah, Coemi langsung masuk rumah lagi. Liat thermometer, 18 derajat celcius. Okeh. Mari ganti celana legging, cari kaos kaki, pake jumper, dan masuk selimut di kamar. *Gubrak*

Sumprit bin iprit untuk menyesuaikan dengan cuaca di sini, ane harus beradaptasi berminggu-minggu, termasuk beradaptasi untuk kostum. Ingat, kostum sangat berpengaruh buat ngadepin cuaca di sini. Jadi kalo ramalan cuaca bilang hari ini panas, maka pakailah baju tipis (ngga harus sexy yak). Kalo ramalan cuaca bilang dingin, maka pakailah baju dangdut, eh baju tebel. Kalo anda galau karena ramalan cuaca bilang “yang sedang-sedang saja” maka pakailah baju normal dan bawalah sweater di tas. You never know what will happen to the air suddenly. Yeah, this is Melbourne.


HOW I TRAVEL
Ada beberapa cara bagaimana Coemi bisa bolang sana bolang sini.

Pertama, walking alias jalan kaki.
Orang di sini tumbuh besar berkembang biak (?!?) dengan habit jalan kaki. Ngga heran kenapa bule homestay yang dulu pernah tinggal di rumah Coemi pernah tanya kenapa orang Indonesia jalan kaki pelan sekali. Saat itu Coemi cuma naikin alis sambil mikir “Lu nya aja kali yang aneh jalan buru-buru sambil bawa tangki aer segede galon di tas”. Tapi setelah tinggal di sini, Coemi beneran ngerti kenapa itu bule tanya begitu. Karena orang di sini emang jalan cepet bangettttt!


One day entah hari apa itu, Coemi nyebrang barengan sama pedestrian ibu-ibu yang abis belanja bawa tas kresek full di tangannya. Start jalan dari Chelsea Station, begitu jalan 300 meter itu ibu-ibu udah nun jaoh di depan guwehhh 100 meter coyyyy! Itu ibunya pake tenaga turbo ato Coeminya yang jalan ala siput?! Dan ternyata memang Coemi yang lelet jalan kaki.

Dari kejadian itulah, Coemi punya misi dalam bulan ini harus bisa nyamain kecepatan jalan kaki. Ngoyo? No! This part of my life now is called learning how Australians do. Percuma tinggal di negeri orang tapi ngga belajar gimana rasanya gaya hidup mereka. Bethul? Hehehe.

Kisah Coemi dudul lain tentang jalan kaki adalah ketika minggu-minggu awal Coemi coba took a walk di daerah deket rumah. Main reasonnya sih ngapalin jalan sambil liat-liat sekeliling aja tapi emang dasar habit penasaran Coemi di jalan ini kadang-kadang bikin susah di akhirnya, wkwk.

Waktu itu jalan kaki di pantai Chelsea, coba nelusurin pantai sampe entah berapa panjangnya. Pulangnya lewat pedestrian samping jalan raya, baru ngeh ini orang o’on ternyata jalan kaki sampe suburb tetangga. Ya uluh pulangnya menderita banget! Lagi, jalan kaki di Long Beach Trail belakang kompleks rumah. Gegara ngikutin ibu-ibu yang lagi jalan pagi sambil dorong kereta anaknya sampe river, Coemi mulai questioning kalo track di seberang sungai sana bakal nyampe mana ya? Dan jalan kakilah ini mahkluk ke seberang sungai.
Baru setengah perjalanan di seberang, Coemi udah ngos-ngosan. Mau balik ke Long Beach Trail lagi tapi nanggung kalo ngga diterusin mana tau ini track berakhir di mana. Akhirnya hajar manggg!!! Dengan semangat 45 (dikurangin 40), Coemi jalan kaki lagi sampe akhirnya nemu jembatan lagi ke arah rumah.




*Rasanya ngeliat itu jembatan udah kaya ngeliat surge di depan mata, coy.

Cara kedua Coemi menjelajah adalah naik sepeda.
Fyi, hari dimana Coemi nulis blog ini adalah hari pertama Coemi naik sepeda. How come selama sebulan ngga pernah coba naik sepeda?! Hahaha, alesannya si cuma 1. Takut nemu traffic light trus takut bingung musti gimana di intersection. Wkwkwk dudul sih, tapi beneran Coemi belum terlalu ngerti2 banget aturan jalan raya di sini. Hari ini pun naik sepeda lewat pedestrian sama trail doank. LoL! Tapi saya simpulken sepertinya naik sepeda jauh lebih enak dibanding jalan kaki sodara-sodara. Wkwkwk!

Cara ketiga, naik mobil.
Loe bisa nyetir di sini, Coem? Oh tidakkkk, selalu dengan tante or om Coemi donk. Pernah sekali Coemi drive di sekitar kompleks perumahan. Sebenernya jalanan di sini ngga beda jauh sama Indo, cuma yang perlu dibiasakan di sini adalah harus selalu liat kanan di setiap round atau belokan, mundur selalu liat belakang, patuhi rambu-rambu “Give Way”, batas kecepatan berkendara, parking yang bener dan sesuai parking hour allowance, give sign to change lane, jarak minimal dg kendaraan lain dan aturan yang lain. Begitu banyak aturan tapi orang-orang di sini patuh banget, guys! Ngga heran kenapa suasana jalanan di sini beda banget sama di Indo. Dan kembali Coemi memaklumi kenapa dulu bule-bule homestay pada shocked liat jalanan di Indo.

Cara keempat, naik bis.
Minggu kemarin, Coemi sempat janjian sama temen bule homestay, mbak Emma, buat ketemuan di Springvale. Suatu daerah yang ngga asing karena setiap tante belanja atau beli makan “phe” (soundingnya si gitu tapi lupa spellingnya gimana), kita selalu ke Springvale. Tapi yang beda kali ini adalah Coemi
menggunakan public transportation bernama bis. Asli, I had no idea dimana ane harus turun. Bekal nekat, Coemi nunggu itu bis di station (Jangan bayangin stasiun di sini kaya di Indo ya, soalnya model stasiun di sini Cuma kaya halte doank). Dalem ati, “Ya Tuhan berikanlah rahmat dan hidayahmu kepada hambaMu yang unyu ini ya Tuhan” ya kira-kira begitulah doa Coemi.

Setelah masuk bis, Coemi tanya the nearest stop buat tujuan Coemi. Si pak sopir, “Maybe it’s Fairway or something” BLEH?! Ini sopir ngga apal?? “Oh is it before or after the Princess Highway?” Coemi tanya lagi. “It’s after. The nearest stop is after the Princess Highway” “Not before?” Haha mungkin Coemi terdengar ngeyel tapi menurut peta ala kadar yang sempet Coemi liat, stop yang terdekat itu justru sebelum Princess Highway. “No, I think. If you get off at the stop before Princess Highway, you will have to walk a little bit far. I will give you a sign if we get there” “Oh, ok. Thank you”. Coemi ngaku ini bapak driver ramah banget, mungkin dia tau muka-muka turis kali yak (atau lebih tepatnya muka anak ingusan yang mencoba bolang).

Empat puluh menit berlalu, si bapak driver akhirnya melambaikan tangan sinyal morse Coemi suruh mendekat. Yang lucu adalah ketika Coemi maju, beberapa orang di belakang Coemi juga ikutan maju sampe si driver bilang, “No no no, not you” tapi mereka masih maju bingung sendiri. “No, it’s me” Coemi menyebar senyum pekok sama orang-orang di belakang. Setelah nyamperin si driver, “Do you see that road? That is Princess Highway. I will get you off at that stop” kata bapak driver sambil nunjuk halte di depan.



TUH KAN! Guwehhh bilang apaahhhh, itu pemberhentian terdekat emang sebelum Princess Highwayyyyyy!!! Bolang lesson, selalu ikuti apa instingmu. Tapi Coemi makasi banget sama bapak driver itu. Selamat menjalankan profesi muliamu, Pak. Tanpa engkau, kami ntar ga bisa bolang. Lanjutken!





Nah cara terakhir nih how I travel in Melbourne adalah train.
Bisa dibilang naik train ini menduduki peringkat kedua setelah jalan kaki, wekekek. Train ini biasa dipake kalo mau bolang antar suburb atau mau ke city. Dalem keretanya bersih, mungkin klo di Jakarta sejenis MRT gitu kali ya.

Kejadian dudul pertama adalah ketiduran di kereta. Sehabis bolang di city seharian, Coemi balik naik train ambil Frankston line. Perjalanannya sekitar 45 menit dan ga sadar Coemi ketiduran, wkwkkwk. Tapi Tuhan emang baik dah. Ga tau kenapa ,tiba-tiba Coemi kebangun kaget sendiri. Dari jendela kaca, mata langsung pas banget liat plank “CHELSEA” di luar. Wohh buru-buru ane berdiri dan langsung keluar kereta. Tapi emang dasar geblek, mungkin tingkat kesadaran masih 30%, Coemi jalan kaki berlawanan arah dari pintu keluar station (yang notabene semua orang tau itu jalan buntu). Sumprit rasanya malu pengen nutupin muka pake kancut dah.

Kejadian pekok kedua adalah salah platform. Jadi ceritanya abis selesai bolang di Mordialloc, Coemi balik lagi ke train station. Dengan muka cool(kas) Coemi touch on Myki (Payment card buat public transportation) di pintu masuk station. Nunggu kereta sekitar 5 menitan, eh datang itu kereta tapi di platform seberang. Hmmm… Kayanya ada yang ganjal sama kereta itu…



DUDUL, ITU KERETA ANE!!!! Jadi selama 5 menit itu, Coemi justru nunggu di platform kereta yang menuju city. Hedeh… pekok dipelihara, Coem… ~ ~ ~





CITIES STORY
Ini adalah beberapa catatan menarik selama Coemi mendaratkan kaki seksi-nya di beberapa tempat yang dikunjungi.

Chelsea 
Suburb ini suburb paling dekat sama rumah. Tinggal jalan kaki 20 menit (kecepatan ala siput), sampe deh di Chelsea. Hal yang paling Coemi suka di suburb ini adalah pantainya.
Jadi keinget dulu di Indo pengen banget tinggal deket pantai, eh thanks Lord, kesampean hahaha.
Pantai di sini bersih buanget dan kalo lagi sunny day, bewww… bikini dan perut six packs bertebaran dimana-mana (Nambah vitamin A deh, wkwk).

*Omo sehat ini mata kalo pemandangan ala Channing Tatum tiap hari gini!



Tempat favorit kedua adalah Library. Biasanya kalo udah suwunk di rumah, Coemi jalan kaki ke library. Cari keringet, ngadem di perpus sambil baca or pinjem buku, kemudian balik lagi ke rumah. I know terkesannya kurang kerjaan banget ya gw, tapi I like it much ;). Dan tempat favorit ketiga adalah Bicentennial Park. Di taman luas inilah Coemi nulis draft blog ini. Tinggal cari spot yang adem, sandarin sepeda, keluarkan alat perang (baca: netbuk, headset, aer putih, chips), dan beraksi gelesotan di rumput. The most comfortable zone!

City
City adalah tempat bolang pertama yang Coemi tuju. And it means a lot for me. Untuk pertama kalinya liat orang-orang berjas seliweran nyebrang jalan, turis-turis bertebaran di jalanan, berasa hawa beda banget dan di saat itu Coemi sadar, “Wokeiyh, I’m in another world now”.

Richmond 
Suburb ini ngga jauh-jauh amat sama city. Ada 2 moments bersejarah yang Coemi ukir di suburb ini (bahasanyaaahhhhh). Moment pertama, nonton Cricket. Thanks to Mas Jimmy (bule homestay) yang udah ngajak Coemi nonton olahraga ini. Fyi (kata Mas Jimmy sih haha), Cricket itu olahraga favorit orang Australia jadi Coemi penasaran ini olahraga apaan sih. Bersama dengan bejibun orang di stadion (ok, now  I know the sport is obviously popular), eke duduk nonton dan mencoba mengerti orang-orang yang main di lapangan itu lagi ngapain.

Mas Jimmy jelasin panjang lebar aturan mainnya kaya apa, pemainnya lagi ngapain, bla bla bla..
But still… ane dengan tampang bloon masih ngga mudeng, wkwkwk. But so thankful-lah bisa nonton olahraga ini! Moment kedua adalah malam tahun baru. Coemi beserta keluarga om ngerayain malam tahun baru di Richmond. Wow so amazing lah pokoknya. :D


Sebenernya ada tempat-tempat lain yang udah Coemi kunjungi kaya Chadstone Fashion Capital (Mall elite), Victoria Queen Market, Parkmore, Springvale, Frankston, etc. Tapi sepertinya saia skip saja ya sodara-sodara, karena sudah kepanjangan ini post. Hahaha!


THE PEOPLE 

The last thing I wanna tell you is the Australians. Sejauh yang Coemi alami, orang-orang di sini pada ramah. Contoh nih jalan kaki di pedestrian dekat kompleks rumah, sering banget disapa waktu papasan.

Jalan kaki di Dandenong Creek Trail, eh disapa lagi sama rombongan kelas anak-anak yang lagi sepedaan. Barusan nih, live/siaran langsung (?!?!), disapa sama cowok ganteng yang jalan lewat di depan Coemi awawawawaw (emang dasar jombloh!). Ngomong-ngomong soal nyapa, Coemi pernah ngobrol sama bapak seusia 50an yang lagi ngajak anjingnya jalan di pantai. Ngobrol bentar dan kesan akhir dari bapak itu adalah “Your accent is so American”. Coemi langsung ketawa, “Secara ye pak, kiblat English Indonesia kan ke Amerika”. Dari titik itulah Coemi sadar harus terbiasa sama aksen Australian yang agak berbeda di pronounciation.


Yupz, itulah segudang kisah bolang dudul Coemi di bulan pertama menjelajahi negeri Kanguru. So great to be here and see you on the next post.

*Ngga afdol kalo ngga ditutup pake sapaan penutup ala Australian
-HAVE A GOOD DAY, WORLD!




2 comments:

ThaNks For LeaVing a ComMenT !