August 05, 2011

Debat dan Ingus

PUSEEEERRRRR.... Eh, BusssEEEttTTT !!!

Ini rekor pertama kalinya coemi absent terlama di dunia pembloggeran divisi pekoookkk… ha ha ha

Gimana kagak, satu taun satu postingan cuy!

Tapi nggak papa, setelah barusan cipika cipiki sama pantatnya blogspot (cuih!), tangan coemi mulai merambah ke new post, hehe.. *akhirnyoooo cah pekok is back !


Oke, so what’s the topic of this post?

Well, awalnya coemi nggak tau mau posting apaan.. tapi setelah liat adek jambakin bulu (atau rambut?) –nya si yubul, tiba-tiba coemi tau mau nulis apaan.

So, dengan ini saye umumken topic of the post is…. Duduler on debate ! #part ngga-tau-berapa.

. . . Ngingggggg . . . à lah trus hubungannya sama jambakin bulu?

He he.. ane juga kagak tau cuy.. Hahahahhaaha (ketawa ala buto ireng kolor ijo rambut Mohawk warna pink!)


- - - - - -

Kisah pekok coemi kali ini diawali dari fase lomba debat MK tingkat regional. Maklum sebagai mahasiswa fakultas *tiiiitttt* (halah, nggak disensor juga udah ketauan.. wekekek), coemi mencoba mengadu nasib peruntungan di ibukota propinsyi.

Awal coemi kepilih ikutan lomba ini sebenernya agak gak sreg perkara topic debat 80% ke atas masuk ranah hukum tata negara. Padahal aslinya coemi anti HTN, cuy. Lah pas seleksi malah kepilih.. Yo oloohhhhh berikanlah hambamu ini hikmah, rahmat, ilham, berkat dan nikmatnya sate kambing…..

Sampe dosen pembimbing coemi yang tau sifat ntu bilang, “Nah kan, kamu kena karma gara-gara gak suka HTN”. Hyak des ! #kalahtelak.

Dalem ati, “Oke gak papa, coemi… You can do it ! You can do it ! You can’t do it !” (hwe?)

Alhasil selama lebih dari 2 minggu coemi mau gak mau disuap materi-materi HTN (ato lebih tepatnya digelonggong) (+o+)


The Day : Technical Meeting

Singkat cerita, mari kita lompat ke hari TM. Waktu TM di hotel apalah-itu-namanya, coemi ngelakuin hal pekok. Yah seperti biasa tiada hari tanpa kepekokan.

Awal TM, kita disuruh memperkenalkan masing-masing anggota tim di hadapan ribuan massa FPI. (Hwe? Mau ngapain ngenalin tim debat sama FPIiiiiiiii????? Yah sapa tau, dikasi es kolak .. weekekkeke).

Setelah kita berempat berembug (baca: coemi – tupai – koi – dan bu Indi à eaaaa yang dosen pembimbing nggak berani diplesetin, hahahaha), jatuhlah amanat memperkenalkan tim ke tangan coemi. Sumprit, waktu itu coemi cuma berdoa mohon ampun sama Tuhan biar pas perkenalan itu coemi nggak ngelakuin kelakuan dudul.

Tapi ternyata sodara-sodara….

Saat tiba saatnya tim coemi memperkenalkan diri, tangan kanan coemi pegang mic, perasaan udah ketar-ketir punya firasat buruk.

“Selamat malam, Semua” sahut coemi dengan kelemahlembutan sambil melambaikan tangan bak tangan miss Universe yang abis keseleo gara-gara dilatih senam aerobic sama instruktur breakdance.

“Kami tim … bla bla bla.. dengan anggota tim yaitu (nama tupai kesebut).. (nama koi kesebut..) dan juga dosen pembimbing kami yang memiliki wajah tak kalah mudanya dengan mahasiswa (nama dosen kesebut)…” Oh iya ! Sekilat berita bentar, ada kejadian tak mengenakkan hati waktu kita pertama nyampe lobby hotel trus disambut sama LO. Waktu itu bu Indi lagi ngurus kunci kamar di resepsionis, sementara coemi dan dedhemit yg lain masih mejeng nunggu. Tiba-tiba itu LO bilang ke coemi, “EEmmm… Dosen pembimbing, ya?” HOROTOKONOOOO!!!! Masak muka coemi udah disamain sama muka dosen?!?!? *Ya sebenernya ada positifnya sih, berarti muka coemi udah tampang professional.. (menghibur diri) … Tapi gak segitunya juga kaleeee…. Pengen nglempar pake sandalnya tukang bakso.

Balik ke perkenalan, semua nama udah kesebut. “Demikian, terima kasih” coemi tutup itu perkenalan. Tapi waktu mau kasi mic ke meja tetangga buat perkenalan tim selanjutnya, coemi liat itu muka koi sama bu Indi aneh banget kaya lagi kasi sinyal morse pramuka. “Ha?” tampang o’on coemi mulai keluar. “Namamu belum kesebut” bisik koi sambil nunjuk-nunjuk.

WOYOOOOO !!!!! Iya bener ! Coemi belum nyebut nama sendiri……. !!!!!! Haduh istifaaarrrrr….

Reflek, coemi ngomong, “Oh iya, ketinggalan saya sendiri. Nama saya Ninon Melatyugra, terima kasih” langsung coemi kasi itu mic ke meja tetangga. Haduuuhhh, nggak kebayang abis itu diketawain. Ancurlah image awal… Hux hux hux maap ya teman, eke gagal build image yang sangar..

Itulah kepekokan pertama.


The Day : Battle

Well, result dari TM kita satu group sama UII, UAJ, Untag sebelum masuk semi final. And honestly, saat itu nggak ada satupun pewayangan coemi yang menggambarkan bakal lolos ke semi final. I do the best wae lah, motto coemi waktu itu.

Hari pertama, kita lawan UII + UAJ.

Dari awal pembicara pertama UII ngomong, udah keliatan banget kita beda konsep tentang kontrak karya migas. Kita sempet bingung + heran waktu itu, ini yang bener mana seh?! Tapi coemi inget wejangan dari bu Indi, “Kalo kalian udah di depan, kalian harus yakin apa yang mau kalian omongin itu bener. Nggak usah lagi mikir yang laen”. Berbekal wejangan itulah kita bertiga sasaaak terozzz (bahasa apa sih ne?). Maka dari itu, coemi yang juga dapet jatah closing statement sempet bilang, “Kami menyimpulkan penafsiran saudara adalah sesuatu yang menyesatkan” he he he.. peace cuy.. retorika.. retorikaaaaa… (-o-)

Sesi selanjutnya, kita lawan UAJ. Sumprit coemi ngerasa debat sama kembaran sendiri, cuy. Lah gimana kagak?! Orang warna jas almamaternya sama persis gitu cuy! Sampe coemi bilang (as the first speaker), “Tak lupa juga selamat siang kepada tim pro yang memiliki warna jas almamater tak jauh berbeda dengan kami”. Ckckckck coemi mau usul ke kampus ah, biar gak sama lagi, jas almamater dibuat ada payetnya. Ntar minta yang buat design igun.. wekekekek.. Elit po raa…

The first day selesai, lanjutlah menuju the second day ngelawan Untag. Kalo emang lolos group, pada hari itu juga langsung semi final..

The second day ini, coemi udah ngerasa the body was completely not delicious anymore alias gak enak badan disebabkan penyakit mati kutu sial abis bernama FLU ! Ya ampun.. Napa seh mesti datang di saat-saat kaya genee… Fyi, waktu berangkat ke ibukota propinsyi ini, coemi udah mulai sentrap sentrup. Tapi mulai parahnya justru di second day ini.

Berbekal lembaran tissue di saku jas almamater (waduh,mu up bukan maksud hati buat tong sampah limbah idung), coemi maju berperang.

As the first speaker, bisa berjalan dengan lancar.. Waktu the second and third speaker, coemi mulai ngelap ingus di tissue sambil nulis resume. Nah, giliran waktu moderator lagi ngomong menyudahi third speaker dilanjutkan closing statement dari coemi, coemi masih sempet buang ingus di belakang punggungnya koi. Dengan muka stay cool(kas), coemi masukin tissue ke saku trus berdiri mulai closing statement. Bodo amat… Lah daripada di tengah-tengah ngomong coemi ngeluarin bunyi “sentrup” ?!

Nah singkat cerita, ternyata Tuhan memberikan berkat yang sungguh... supeeerr ! (Mario Teguh begete, hahahaha). Tim kami lolos maju semi final, so hum halelujaaahhhhh…..

Di semi final ini, tim kami berhadapan dengan ketiga sosok pria lagi dari UIN. Well…. Semua masih berjalan baik sih, kecuali ingus coemi yang semakin menjadi-jadi.

Singkat cerita lagi, ternyata kita (atau kami? Ah mbuh kareb) lolos ke babak final. Wuuhhhhh rasanya waktu diumumken itu ya, udah kaya malaikat turun pake escalator dari langit ke 17 jemput kita buat dibawa ke surga makanan padang! Rada gak percaya, tapi kok ya nyata. Rasanya aneh aneh gimana gitu… (hwE?)


Ini foto diambil waktu hari pertama.. Kalo diliad dari itu poto, muka kita gak ada tampang serius penuh ambisius kemenangan kaya di sinetron-sinetron alay. Justru condong ke tampang anak-anak yang cerita sinetronnya jadi anak yang menderita kelainan mental.. Wkwkwkwk


Di babak final ini kita ketemu sama UGM. Tau apa yang coemi pikirin? Coemi mikir dari awal sebelum maju lomba, “Halah paling UGM yang masuk final”. Itu bener. Tapi yang njeglegnya, lawannya itu kita.. kita… KITAAAAA!!!! Kok bisa ya? Sampe sekarang pun coemi nggak tau. Ya bukannya coemi meng-underestimate tim sendiri, tapi beneran waktu itu kita sama-sama nggak kerasa tau-tau bisa sampe final, cuy.

Tapi berita yang paling buruk seburuk-buruknya ayam yang abis direbonding, itu ingus coemi beneran lagi musim panen! Mampus… Padahal debat nanti sekalian diliput MetroTv ma mau disiarin tunda sama TvOne. Nggak elit kan, kalo ntar coemi pas ngomong malah ingus keluar?? Jadi kebayang tokoh kartun yang namanya bakabon à ninonbon.. Ah nggak cocok, nggak cocok..

Alhasil, detik-detik sebelum maju podium, coemi masih sempet bersih-bersih idung lagi (baca: sisi.. kalau ngga tau sisi itu apa, nama laennya vacuum ingus).

Dalem ati, coemi beneran berdoa biar ingus nggak inguk-inguk.

Tapi Tuhan emang baik.. AC di atas kepala coemi emang bikin kedinginan. Itu juga buat idung mampet sehingga ingus nggak keluar, wekekekek. Tapi imbasnya, suara coemi jadi kedengeran kaya babi yang abis latian koor 3 hari non-stop. Suara coemi jadi bin…deeennggggg…!!!!


Raut muka coemi itu sebenernya bukan lagi pasang tampang garang, tapi lagi konsentrasi cari cara ambil oksigen selain dari mulut.


Hufftt… beneran itu penyakit menyengsarakan.

Well, the result of the final udah bisa ditebak, we were the runner up.. Yahh, waktu itu nggak ada sama sekali penyesalan, hahahhaha..
Dan selesai sudah pertarungan itu…

- - -


Biasanya, orang nunggu penerimaan hadiah + penghargaan itu dengan hati senang, senyum ceria. Tapi itu gak berlaku buat coemi saat itu. Kata penutup dari Sekjen MK yang tak kurang dari 30 MENIT ituuuuuuu….. terasa seabad buat coemiiiiii….



Bapak Sekjen MK saat memberiken pidato terakhir yang super duper long long long timeeee....




Perlu, layak, dan patut diketahui bahwasannya, selama waktu kata penutup itu, posisi duduk coemi udah gak karuan gonta-ganti (eits! Tpi masih wajar, bo.. nggak sampe kaya kepiting getoo). Sumprit, suhu badan coemi udah anget-anget panas, kepala pusing, idung meler mulu. Kalo ada kasur di ruangan itu, udah pasti coemi tepar ngorok di situ. zzzzzzZZZZzzzz….

Sampai akhirnya, beliau menyudahi kata penutup dan coemi bersorak dalam ati, “HALELUYAAAAHHH !!!!!”. Dengan semangat coemi mulai bangun lagi (coz setelah itu bisa pulang hotel, ambil koper, bablas home swit houuummmm).

Tapi ternyata…. Masih disuruh ngantre ambil hadiah + ngurus administrasi di bagian administrasi. Ya uluuuhhh cobaan berat banget padahal belum bulan puasaaaa… Ada kali, 20 menitan lebih coemi nundukin kepala di kursi nunggu itu antrean. Sesekali coba bangun, ada orang lewat “Loh tak kirain nangis gara-gara kalah..” Hwe?! Aduhhh, pak… gak jaman sini nangis gara-gara kalah.. sini nangisnya kalo Vin Diesel, Jensen Ackles, sama Mario Lawalata ninggal coemi.. -> Hahahahhaha gubrak!

- - -

Yah demikian postingan kali ini.. Mu up kalo gak ada gambar imajinatif, gak kaya postingan sebelum-sebelumnya coz ni mata udah males diajak kerjasama browsing di jam-jam sahur gini.. (+o+)

Akhir kata -> Lo.. Gue.. End ! *ikutan jadi korban trend, haha

Cu, cuy!

*Btw, coemi beneran gak tau napa ni color font jadi merah semua ?!?!?!

2 comments:

  1. Coba kalo itu lomba debat ber-ingus, pasti kamu juara satunya....ahahaha

    ReplyDelete
  2. Ha ha iya.. Asal hadiahnya bukan seperangkat tissue + tempat sampah aja, Van.. *Ala hadiah lomba 17an Agustus se-RT banget.. LoL :))

    ReplyDelete

ThaNks For LeaVing a ComMenT !